Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau – Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi nomer dua di dunia setelah air putih. Di negara-negara tertentu, minum teh khususnya teh hijau merupakan ritual rutin. Namun, selain merupakan suatu kebiasaan, manfaat teh hijau khususnya untuk kesehatan sangat beragam sehingga tak heran jika budaya minum teh terus berkembang.

Menurut penelitian, manfaat teh hijau untuk kesehatan memang telah terbukti karena kandungan beberapa senyawa seperti antioksidan, tanin, vitamin dan masih banyak lagi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat teh hijau, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

manfaat teh hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan :

1. Mancegah resiko terkena kanker
Manfaat teh hijau ini sudah tidak diragukan lagi. Kandungan polifenol yang cukup tinggi dari teh hijau ini memiliki potensi sebagai antioksidan dalam menghambat senyawa karsinogenik yang merupakan penyebab munculnya kanker. Senyawa ini memiliki potensi sebagai antioksidan melebihi dari potensi vitamin C ataupun vitamin E. Oleh karena itu, orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko yang sangat rendah terkena kanker.

2. Mencegah kerusakan gigi
Plak dan koloni bakteri yang terdapat pada permukaan gigi akan menyebabkan kerusakan gigi. Dalm teh hijau mengandung senyawa katekin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutansyang merupakan salah satu bakteri yang merusak gigi. Untuk mendapatkan manfaat teh hijau ini, anda dapat minum teh hijau secara rutin minimal 2 gelas dalam sehari.

3. Memperlancar aliran darah
Manfaat teh hijau yang ketiga ini dikarenakan kandungan kafein dalam minuman ini. Apabila aliran darah anda lancar, maka suplai oksigen akan merata ke suleruh tubuh dan tidak terkecuali di otak. Oleh karena itu, dengan minum teh hijau juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang karena suplai oksigennya lancar.

4. Mengurangi kolesterol dan resiko terkena penyakit jantung
Aktivitas antioksidan yang kuat dari senyawa uang terdapat dalam teh hijau mampu menghambat oksidasi kolesterol LDL dalam arteri, dimana hal ini menjadi penyebab utama terjadinya arterosklerosis. Teh hijau juga mampu menghambat pembentukan bekuan darah atau trombosis yang merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s