Manfaat Minyak Zaitun

 

manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun kini tengah ramai dibicarakan masyarakat karena minyak ini dipercaya mampu memberikan berbagai khasiat. Dalam kenyataannya, saat ini minyak zaitun digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan obat-obatan mengingat begitu banyaknya manfaat minyak zaitun.

Pada kesempatan kali ini, admin akan mengulas sedikit mengenai manfaat minyak zaitun khususnya untuk kesehatan anda. Simak beberapa penjelasan berikut ini untuk menambah pengetahuan.

1. Mengurangi resiko penyakit kanker
Manfaat minyak zaitun yang pertama ini karena adanya kandungan fenol yang berperan sebagai antioksidan yang meredam radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang memicu timbulnya penyakit kanker.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung
Minyak zaitun bekerja dengan memperlancar aliran darah, mengatur kolesterol dengan menekan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kolesterol baik (HDL) serta menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, manfaat minyak zaitun dalam mengurangi resiko penyakit jantung karena adaya antioksidan nabati yang cukup tinggi.

3. Meredakan nyeri
Dalam minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut oleokantal yang dapat mencegah radang seperti halnya asam mefenamat dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun ini mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu mediator nyeri. Selain dapat mengatasi nyeri, minyak zaitun juga dapat mnecegah terjadinya pengeroposan tulang. Manfaat minyak zaitun ini dapat anda peroleh dengan mencampurkan minyak zaitun ke dalam salad buah atau dapat juga dengan mengoleskan pada bagian yang nyeri.

4. Mencegah diabetes
Dalam minyak zaitun didominasi dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Oleh karena itu, manfaat minyak zaitun dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah resiko terkenanya diabetes melitus tipe 2.

5. Membantu sistem imun tubuh dalam melawan HIV
Manfaat minyak zaitun yang terakhir ini dikarenakan adanya kandungan asam maslinat. Senyawa ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat serin-protease yang merupakan enzim untuk menyebarkan HIV ke seluruh tubuh. Menurut para ahli, minyak zaitun memiliki potensi yang cukup besar hingga 80% dalam menghambat penyebaran HIV dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s