7 Cara Mudah menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan tubuh dan organ-organ tubuh di dalamnya adalah hal yang sangat penting. Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus diperhatikan, tetapi sayangnya hanya sedikit orang yang sadar untuk menjaga kesehatan mata. Padahal mata sangat rawan mengalami gangguan jika tidak pernah diperhatikan. Mata merah, iritasi, bengkak, berair adalah beberapa contoh gangguan ringan pada mata. Jika tidak segera diatasi, maka gangguan ringan tersebut akan semakin parah dan berakibat fatal. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada mata, berikut ini kami akan membagikan tujuh cara mudah menjaga kesehatan mata, diantaranya adalah sebagai berikut :

menjaga kesehatan mata           

1. Berhenti merokok

Siapapun Anda pasti sudah tahu bukan bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan? Namun, mngkin Anda belum tahu bahwa merokok juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan mata. Perokok cenderung lebih beresiko mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, sindrom mata kering, kerusakan saraf optic dan lain sebagainya. Untuk itu sayangi mata dengan berhenti merokok dari sekarang.

2. Melakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Meskipun sejumlah penyakit mata sangat dipengaruhi oleh masalah kerusakan dan penuaan, namun beberapa kebiasaan buruk seperti menatap sesuatu dalam jarak tetap terlalu lama juga dapat mengakibatkan gangguan mata. Untuk mencegah berbagai gangguan mata, maka usahakan untuk memberikan jeda setiap kali Anda beraktivitas yang mengharuskan Anda menatap jarak tetap secara terus menerus.

3. Lindungi mata dari sinar matahari

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa paparan sinar matahari turut andil dalam beberapa kerusakan dan gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Menggunakan kacamata hitam anti sinar UV dapat membantu mengatasi masalah ini.

4. Gunakan pelindung mata

Pelindung mata penting digunakan untuk menghindari cedera dan hal-hal lain saat bekerja dan berolahraga yang memiliki resiko kecelakaan pada mata.

5. Beri nutrisi terbaik untuk mata

Untuk menjaga kesehatan maka tidak akan terlepas dari masalah nutrisi. Untuk menjaga kesehatan mata maka perhatikan asupan antioksidan dan vitamin A. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaca akan antioksidan sedangkan wortel adalah sumber utama pro-vitamin A yang baik untuk mata.

6. Mengendalikan tekanan darah dan gula darah

Tekanan darah tinggi dan diabetes yang tidak segera diobati dapat mengakibatkan gangguan pada mata bahkan kebutaan. Untuk itu, usahakan untuk rutin memeriksa tekanan darah dan gula darah untuk membatu Anda mengatur waktu diet sehat untuk tubuh dan mata Anda.

7. Periksa mata secara teratur

Yang terakhir tidak lain adalah periksa mata secara teratur. Kunjungi dokter mata setiap satu atua tiga bulan sekali baik untuk mengetahui kondisi mata Anda. Atau usahakan untuk segera memeriksakan mata pada dokter jika ada hal-hal yang kurang baik pada mata.

Demikian tujuh cara mudah menjaga kesehatan mata yang kami harapkan dapat membantu Anda menghindari berbagai masalah kesehatan mata agar hidup bahagia dengan mata yang sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s